Sejarah

   Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) secara resmi berdiri pada tanggal 10 Mei 1999 bertepatan dengan tanggal 24 Muharram 1420 H berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor 86/D/O/1999 tanggal 10 Mei 1999, sebagai perubahan bentuk dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Parepare.

   UMPAR dalam usia 18 tahun telah menapaki dua fase yaitu; fase perintisan, dan fase pengembangan. Fase perintisan ditandai dengan usaha peralihan dari Sekolah Tingi menjadi Universitas. Sekolah Tinggi yakni STKIP Muhammadiyah Parepare pada saat itu membina tiga program studi, yakni program studi Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Usaha perubahan bentuk menjadi Universitas yang diprakarsai oleh Drs. Said Amir Anjala, MM sekaligus sebagai Rektor Pertama.

   Sampai saat ini UMPAR telah membina 7 Fakultas diantaranya: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Teknik (FATEK), dan Fakultas Pertanian, Peternakan dan Perikanan (FAPETRIK), Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) dan Fakultas Agama Islam (FAI), Fakultas Hukum dan 1 (Satu) Program Pascasarjana.

   Masing-masing Fakultas membina Program Studi, meliputi: Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Biologi untuk FKIP, Studi Pembangunan, Akuntasi, prodi Manajemen untuk FEKON; Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Informatika untuk FATEK; Agribisnis, Agroteknologi, Budidaya Perairan dan Nutrisi Makanan Ternak untuk FAPETRIK; AKK dan Epidemiologi untuk FIKES; dan Pendidikan Agama Islam, Bimbingan penyuluhan Islam, dan Perbankan Syariah untuk FAI. Ilmu Hukum untuk Fakultas Hukum. Untuk Program Pascasarjana (2007) membina program studi, antara lain: Agribisnis, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Agama Islam untuk Program Magister dan Pendidikan Agama Islam untuk Program Doktor.

   Penyelenggaraan pendidikan di UMPAR tidak lepas daripada visi, misi, dan tujuan rencana kebijakan pengembangan yang tertuang dalam RENSTRA UMPAR, terutama pada bidang akademik, sumberdaya dan mutu. Sampai saat ini UMPAR telah mengalami 4 kali pergantian rektor. Saat ini (2016-2020) UMPAR dipimpin oleh Prof. Dr. H. Muhammad Siri Dangnga, MS (Rektor), Dr. Andi Nuddin, M.Si (Wakil Rektor I), Drs. H.M Nasir S, M.Pd (Wakil Rektor II). Amir Patintingan, S.Pd., M.Pd (Wakil Rektor III). Dr. M. Nasir Maidin, M.Ag (Wakil Rektor IV).