Lambang

Logo UMPAR

Logo Universitas Muhammadiyah Parepare memiliki makna/arti sebagai berikut:

  1. Warna dasar logo adalah biru tua melambangkan Kecerdasan, kooperatif, dan integratif, sehingga implikasinya tenang, bijaksana, tidak mudah tersinggung.
  2. Gambar matahari, merupakan titik pusat dalam tata surya dan merupakan sumber kekuatan semua makhluk hidup yang ada di bumi. Jika matahari menjadi kekuatan cikal bakal biologis, Muhammadiyah diharapkan dapat menjadi sumber kekuatan spiritual dengan nilai-nilai Islam yang berintikan dua kalimat syahadat.
  3. Kata “Muhammadiyah” ditulis dalam bahasa Arab yang berwarna hitamyang bermakna Persyarikatan Muhammadiyah.
  4. Kalimat “dua kalimat syahadat” ditulis dalam bahasa Arab yang berwarna putih bermakna bahwa persyarikatan Muhammadiyah memberi cahaya berupa keyakinan, bahwa sesungguhnya tidak ada Tuhan kecuali Allah dan sesungguhnya Nabi Muhammad SAW., adalah utusan Allah. Dengan demikian Persyarikatan Muhammadiyah menyeruh kepada umat agar dengan sadar menjalankan amar ma’ruf nahi munkar.
  5. Lukisan padi dan kapas, terdiri dari 17 tangkai padi, 8 tangkai kapas, adalah tanggal proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia berarti Universitas Muhammadiyah Parepare didorong oleh semangat proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan menjadi cita-cita bangsa Indonesia.
  6. Kalimat “UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE” adalah lembaga pendidikan tinggi dalam persyarikatan Muhammadiyah yang berkedudukan di Kota Parepare.
  7. Garis “warna merah putih” yang mengelilingi logo berarti bahwa UMPAR tetap berkomitmen pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Motto

"Pendidikan, keahlian, profesional yang Islami dengan motto berilmu amaliah dan beramal ilmiah."