Biro

Biro administrasi akademik dan kemahasiswaan membatu Pimpinan yang bertugas menyelenggarakan administrasi akademik dan kemahasiswaan secara sentral dalam lingkungan Universitas Muhammadiyah Parepare, yang dipimpin oleh seorang kepala Biro yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare.

Tugas Pokok dan fungsi:

  1. Membantu Rektor melalui Wakil Rektor I dan Wakil Rektor III, dalam hal penyelenggaraan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan.
  2. Mengatur, menyelenggarakan dan mengawasi jalannya administrasi akademik dan kemahasiswaan dalam wujud kegiatan pada bagian-bagian yang dipimpinnya. Menyusun laporan keadaan mahasiswa (laporan tahunan, laporan semester) kepada instansi yang terkait dan yang membutuhkan, serta menyusun laporan pelaksanaan ujian setiap akhir semester untuk disampaikan kepada Wakil Rektor I, Kopertis Wilayah IX dan Kemenristekdikti dalam bentuk pelaporan ke-PD Dikti.
  3. Memproses penerbitan ijasah alumni sesuai ketentuan yang berlaku
  4. Melaporkan calon wisudawan kepada Koordinator Kopertis Wilayah IX, paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan wisuda.
  5. Melaporkan calon peserta KKN atau sejenisnya kepada Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, paling lambat satu bulan sebelum pelaksanaan
  6. Memelihara dan mengawasi barang/perlengkapan yang diperuntukkan oleh bagian-bagian yang dipimpinnya.

Bagian-Bagian Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

  1. Bagian Akademik
  2. Bagian Pengolahan data Perguruan Tinggi (PD Dikti).
  3. Bagian kemahasiswaan dan alumni

Biro Administrasi Keuangan bertugas membantu Wakil Rektor II  bidang administrasi keuangan, berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Rektor.

Tugas Pokok dan Fungsi:

  1. Mengelola administrasi keuangan.
  2. Mengelola penerimaan keuangan.
  3. Mengatur pembayaran gaji .
  4. Mengatur penyimpanan, pembukuan, pencatatan dan pembayaran
  5. Menyusun Konsep Anggaran dan Pendapatan Belanja Tahunan.
  6. Mengawasi pelaksanaan kegiatan bagian-bagiannya.
  7. Mengadakan evaluasi pelaksanaan anggaran secara periodik.
  8. Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor II.

Bagian-bagian Biro Administrasi Keuangan:

  1. Bagian Perencanaan Anggaran Pendapatan.
  2. Bagian Perencanaan Anggaran Belanja.
  3. Bagian Pelaporan Keuangan.
  4. Bendahara.

Biro Administrasi Umum adalah membantu Pimpinan dibidang Administrasi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Rektor dan dikepalai oleh seorang kepala Biro yang diangkat dan diberhentikan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare.

Tugas Pokok dan Fungsi:

  1. Membantu Rektor melalui Wakil Rektor II dalam penyelenggaraan Administrasi Umum dan Sumber daya manusia Universitas Muhammadiyah Parepare.
  2. Mengatur dan mengawasi jalannya Administrasi Umum sehari-hari dalam penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang dipimpinnya.
  3. Memelihara dan mengawasi pemanfaatan semua peralatan yang digunakan pada unit-unit, baik di biro maupun di fakultas-fakultas dan mencatatnya dalam buku inventaris.
  4. Menginventarisasi semua aset Universitas Muhammadiyah Parepare dan mengatur pemanfaatannya.
  5. Melaksanakan pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan.
  6. Mengatur dan mencatat keadaan, mutasi kepegawaian, kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat para Dosen yayasan dan Dosen Dipekerjakan (DPK), serta karyawan yayasan tetap dan tidak tetap di lingkungan Universitas Muhammadiyah Parepare.

Bagian-bagian Biro Administrasi Umum

  1. Bagian Kesekretariatan/Ketatausahaan
  2. Bagian Perlengkapan dan aset
  3. Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler