Struktur Organisasi

Struktur Organisasi

Struktur organisasi Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) merupakan gambaran sistematis dari tata kelola dan pembagian wewenang di lingkungan universitas. Di tingkat paling atas terdapat tiga entitas utama, yaitu Badan Pembina Harian (BPH), Rektor, dan Dewan Penyantun. Ketiganya saling terhubung melalui jalur koordinasi yang menggambarkan peran strategis dan pengawasan terhadap jalannya universitas. Rektor sebagai pimpinan utama universitas bertanggung jawab langsung terhadap seluruh aktivitas akademik dan administratif, dibantu oleh lembaga pengawasan internal yaitu Satuan Pengawas Internal (SPI) dan Senat Universitas Muhammadiyah Parepare yang memiliki wewenang normatif dan pertimbangan akademik.

Untuk menjalankan tugasnya secara efektif, rektor dibantu oleh empat wakil rektor, masing-masing membawahi bidang strategis. Wakil Rektor I bertanggung jawab pada bidang akademik dan kemahasiswaan serta mengoordinasikan lembaga seperti LP2A, LPPM, LPMU, dan LP2IK. Wakil Rektor II membawahi bidang keuangan dan umum yang terintegrasi dalam Biro Administrasi Umum, Biro Administrasi Keuangan, dan Biro Administrasi Akademik. Kemudian Wakil Rektor III mengurusi bidang kerjasama dan alumni, sedangkan Wakil Rektor IV berperan dalam bidang inovasi dan teknologi.

Struktur ini juga mencakup jajaran fakultas dan direktorat pascasarjana yang dipimpin oleh para dekan dan direktur, seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik, Fakultas Agama Islam, Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES), dan Fakultas Hukum, termasuk Direktur Pascasarjana serta Fakultas Pertanian dan Peternakan (FAPETRIK). Masing-masing fakultas didukung oleh unit pelaksana seperti laboratorium, unit penerbitan, perpustakaan, serta berbagai laboratorium spesifik (komputer, bahasa, microteaching, A.I.K., dan laboratorium terpadu lainnya).

Pada akhirnya, seluruh sistem ini dibangun untuk melayani dua elemen terpenting dalam dunia pendidikan tinggi, yakni dosen sebagai pendidik dan mahasiswa sebagai subjek utama pembelajaran. Jalur-jalur komando dan koordinasi yang tergambar dalam bagan menunjukkan bagaimana semua elemen tersebut bekerja secara terstruktur, profesional, dan terintegrasi demi mewujudkan visi UMPAR sebagai universitas yang unggul, islami, dan berkemajuan.