Sejarah

Berdasarkan hasil survey dari beberapa instansi Pendidikan pemerintah di kota Parepare dan kabupaten/kota sekitarnya (Dinas Pendidikan Kota Parepare, Kab. Sidrap, Kab. Pinrang, Kab. Barru dan Kab. Enrekang), serta wawancara dengan beberapa stakeholder menyatakan Kota Parepare dan sekitarnya membutuhkan wadah untuk menciptakan akademisi dan praktisi dibidang hukum, olehnya itu diusulkan pembentukan Program studi Ilmu Hukum dengan surat resmi 27 mei 2012 dan pada tahun 2015 disahkan dengan Keputusan Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan dengan Berdasarkan surat keputusan Kementerian Riset Tekhnologi dan Pendidikan Tinggi Nomor :126/M/Kp/III/2015 tertanggal 31 Maret 2015 tentang Ijin penyelenggaraan program studi Ilmu Hukum Sarjana Strata Satu (S1). Program studi ini menaungi beberapa konsentrasi sebagai kekhususan seperti Hukum Lingkungan, Hukum Ekonomi Bisnis, Hukum Pidana dan Hukum Perdata,dll.

Pada awalnya program studi Ilmu Hukum berada dibawah naungan Fakultas Ekonomi dengan alasan untuk peningkatan profesionalisme sumberdaya di bidang hukum yang outputnya diharapkan  bisa mendukung program pemerintah khususnya dalam menghasilkan generasi muda yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi terkhusus bidang ilmu-ilmu hukum maka dianggap perlu untuk mendirikan Fakultas Hukum, selain itu Keinginan stakeholder beserta masyarakat Parepare dan sekitarnya untuk pendirian/pembentukan Fakultas Hukum (FH) yang menaungi program studi Ilmu Hukum pada Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR) telah dibuktikan dengan surat dukungan yang diberikan langsung oleh masyarakat umum dan masing-masing kepala Instansi ditambah dengan dukungan dari beberapa sekolah, aparat penegak hukum dan para siswa-siswa SMA atau sederajatnya.

Berdasarkan hasil rapat kerja Universitas Muhammadiyah Parepare di Taman Wisata Bantimurung, Maros Tanggal 28-29 Agustus 2016 disepakati pembentukan Fakultas Hukum (FH) dan ditindaklanjuti dengan surat pengusulan pendirian Fakultas Hukum dengan nomor surat 835/III.3.AU/C/2016, Kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare dan pada 3 Januari 2017 terbentuklah Fakultas Hukum (FH) dengan Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Parepare Nomor: 023/KEP/III.3.AU/D/2017 tentang Pendirian Fakutas Hukum Universitas Muhammadiyah Parepare.